GERAKAN SENAM LANSIA

Posted by Makalah Dan Tugas Akhir Kuliah Kebidanan on Jumat, 13 Januari 2012

Sebelum mengawali senam sebaiknya tarik nafas selama 3 sampai 5 kali, setelah itu letakkan kedua tangan di pinggang,lalu buka kedua kaki sekitar 30cm kemudian senam dapat di mulai.
   1.     Gerakan Muka(fungsi nya untuk mengencangkan kulit muka agar tidak kaku), yang terdiri dari dua gerakan :
·        Pertama ucapkan a,i,u,e,o sebanyak 5 kali
·        Kedua ucapkan ha-ha, hi-hi sebanyak 5 kali

   2.     Gerakan kepala( fungsinya untuk meregangkan otot-otot kepala agar paredaran darah yang melewati kepala dapat beredar secara lancar),
Anggukkan kepala keatas-bawah dalam hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali, setelah itu anggukkan kekiri-kanan dalam hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali.

   3.     Gerakan Tangan
·        Pertama gerakan jari tangan membuka dan menutup hitungan dari 1 sampai 8 mulai dari dilakukan sebanyak 5 kali,( gerakan ini fungsinya untuk mengurangi kekakuan pada telapak tangan dan jari-jari tangan.
·        Kedua gerakan tepuk tangan dengan salah satu jari menekuk mulai dari hitungan  1 sampai 8 sebanyak 5 kali, gerakan ini fungsinya untuk mengurangi resiko Diabetus Melitus(DM) atau sering di sebut penyakit gula.
·        Ketiga gerakan menyatukan kedua telapak tangan dengan cara tepuk tangan dan posisi tangan sejajar dengan dadamulai dari  hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali, gerakan ini fungsinya untuk memperlancar kerja jantung dan mengurangi penyakit jantung.
·        Keempat dengan merentang kedua tangan ke samping kanan dan kiri lalu memutar pergelangan tangan mulai dari hitungan 1 sampai 8 sebanyak 5 kali,gerakan ini dilakukan untuk mengurangi beban kerja jantung dan juga mengurangi kekakuan pada otot-otot dari pundak sampai jari tangan.
·        Kelima masih merentangkan kedua tangan ke samping kanan dan kiri, dengan tangan mengepal(menggenggam) lalu menggerakkan kepalan (genggaman) naik turun mulai dari hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali, gerakan ini fungsinya untuk mengoptimalkan karja jantung dan juga mengurangi kekakuan otot pada tangan dan pergelangan tangan.


   4.     Gerakan Kaki, dilakukan untuk mengurangi kejadian asam urat dan memperlancar peredaran darah dari jantung keseluruh tubuh.
·        Dalam posisi berdiri dilakukan gerakan jinjit-jinjit secara bergantian kaki kanan dan kiri mulai dari hitungan 1 sampai 8 sebanyak 5 kali
·        Dalam posisi duduk dengan luruskan kaki dengan mengayunkan telapak kaki mulai dari hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali

Blog, Updated at: 15.58

6 comments:

  1. wah keren artikelnya tentang senam lansia, mungkin akan lebih keren lagi kalo ada ilustrasi berupa gambar atau video sis ^^. Oiya jangan lupa cantumin sumber referensinya juga biar makin mantab ^^. Kalo buat lansia beli baju senam terbaru dimana ya?

    BalasHapus
  2. Bagus sekali gan artikelnya. cocok sekali senam lansia ini untuk para lansia. apalagi lansia yang memiliki penyakit asam urat, diabet, dsb. makasih gan atas informasinya y^^

    BalasHapus
  3. wah, artikel senam lengkapnya lengkap sis :), kebetulan lagi cari materi ini, thx ya sis :), oh iya klau untuk senam lansia itu apakah ada baju senam khusus yg dipakai ? thx ya sis :)

    BalasHapus
  4. Mantab dah Sangat Bermanfaat sekali Artikelnya...., DAn Membantu sekali Buat nyelesaikan tugas :), oya sekalian tanya untuk Tren baju senam body image saat ini seperti apa ya ?
    Trimsss Dan Moga SUkses...

    BalasHapus
  5. semangat pagi...
    para lansia cenderung mengikuti senam yag iramanya tenang dan mantab, terutama untuk penguatan tulang.. artikel ny nice..
    mau tanya juga nih... dimana beli baju senam surabaya?

    BalasHapus
  6. Wah Keren ni bisa jadi solusi untuk nenek di rumah..
    dan buat agan yang mau info soal bajau senam, mampir saja ke baju senam murah...
    semoga bisa membantu

    BalasHapus

Translate

Popular Posts

Blog Archive

Pengikut